Cara Terbaru Membuat Subdomain Namecheap di Blogspot

Cara Terbaru Membuat Subdomain Namecheap di Blogspot
Bagikan :
Cara Terbaru Membuat Subdomain di Namecheap

Apa itu subdomain? Dan bagaimana cara membuatnya? Mungkin ini adalah pertanyaan kamu yang masih awal dalam dunia website. Domain dan subdomain berbeda dari segi kata / makna tapi untuk tujuannya kurang lebih sama saja. Jika domain bisa kita sebut sebagai orang tua maka subdomain disebut sebagai anak yang lahir dari domain orang tua tadi.

Dalam halaman ini, saya akan membahas tentang cara membuat subdomain dari penyedia layanan domain yaitu namecheap. Dan tidak lepas, trik ini saya kususkan bagi kamu yang menggelola blog di blogspot. Untuk langkah awal kita bahas dulu tentang pengertian subdomain itu apa dan bagaimana cara kerjanya.

Pengertian Subdomain


Subdomain adalah pengertian dari domain, subdomain biasanya menjadi pembagian area jalan domain. Misalnya saya beri contoh domain utama adalah www.rianseo.com maka untuk menjadikan subdomain harus berbeda tulisannya dari domain utama dibagian depan.

Agar bisa membuat alamat domain utama www.rianseo.com menjadi subdomain adalah dengan cara memberi tulisan baru di depan nama rianseo.com menjadi toko.rianseo.com. Dalam contoh tersebut " toko " adalah subdomain dan rianseo.com adalah domain.

Kasus ini sudah sering kita lihat di Google sendiri seperti Google.com (domain utama) subdomain > drive.google.com > plus.google.com > translite.google.com. Dengan menggunakan cara ini, kamu masih tetap memakai nama brand domain utama, hanya saja untuk segi tempat wadah tulisan bisa disebut berbeda.

Membuat Subdomain di Blogger


Untuk kamu yang ingin membuat sudomain, syarat utama adalah kamu harus memiliki alamat domain TLD berextensi COM. NET. ID. WEB. ME. terlebih dahulu.

Apabila kamu belum memiliki domain TLD, maka cara ini tidak bisa kamu ikuti. Jika kamu ingin memiliki domain TLD kamu bisa membeli harga domain termurah untuk area Indonesia hanya di hostinger.

Untuk kamu yang ingin membeli domain di Namecheap juga bisa kunjungi halaman yang sudah saya ulas sebelumnya disini.

Subdomain dari Namecheap


Karena saya menggunakan domain dari layanan namecheap, maka dalam langkah ini saya hanya membagikan trik subdomain bagi pengguna domain dari namecheap saja. Untuk layanan domain lainnya saya rasa langkah dan pemasangannya kurang lebih seperti trik yang akan saya bahas dibawah ini.

Sebenarnya cara membuat subdomain dari namecheap ini sudah ditulis oleh perusahaan namecheap sendiri, hanya saja dalam tulisan itu namecheap menggunakan bahasa inggris mengingat namecheap ini layanan domain luar negeri bukan lokal indonesia.

Langkah pertama : Buka blog kamu yang ada di Blogger.com

Langkah kedua : Klik tulisan Setting / Pengaturan Dasar

Langkah ketiga : Pilih Dasar > Domain+ Siapkan URL piahk ketiga untuk blog Anda > Masukan subdomain yang kamu inginkan. Misalnya blog.rianseo.com lalu klik simpan dan kamu akan mengalami eror dalam penyimpanan.

Cara Terbaru Membuat Subdomain di Namecheap

Langkah keempat : Catat atau copy kode yang tertera yang sudah saya beri warna lingkaran merah, kamu bisa lihat contoh gambar diatas milik saya.

Mengatur Subdomain di Namecheap


Masuk ke Akun namecheap kamu

Buka Dashboard > Domain List > Advanced DNS > Add New Record > CNAME Record


Cara Terbaru Membuat Subdomain di Namecheap

Masukan data yang tadi kamu salin, CNAME Record pertama masukan kode dibagian Host " Nama Subdomain " dan Target masukan kode " ghs.google.com "

Buat lagi CNAME Record kedua dan masukan lagi bagian host dengan kode data yang tertera, Contohnya " sye23eubtkb "dan Target masukan kode contohnya " gv-bbb.dv.googlehosted.com "

Lalu Save All Changes

Langkah berikutnya silahkan kamu buka lagi blog kamu yang ada di blogger dan klik Setting > Dasar > Domain > pihak URL ketiga > Masukan subdomain dan klik Simpan.

Cara Terbaru Membuat Subdomain di Namecheap

Jangan diberi tanda centang yang dibagian tulisan " Alihkan domainutama.com ke subdomain.domainkamu.com " agar domain utama kamu masih aktif dan terjaga.

Contoh blog yang menggunakan subdomain milik saya https://toko.rianseo.com

Penutup


Demikian informasi trik yang bisa saya sampaikan tentang membuat subdomain di namecheap, Jika ada dalam langkah yang saya sampaikan kurang kamu mengerti, Kamu bisa langsung tanyakan kepada saya lewat kolom komentar blog ini.

Jangan lupa untuk Berlangganan update artikel terbaru via email:

Previous article
Next article

0 Disqusi to "Cara Terbaru Membuat Subdomain Namecheap di Blogspot"

Post a Comment

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel