Cara Membuat Blog Affiliate Marketing untuk Pemula

Cara Membuat Blog Affiliate Marketing untuk Pemula
Bagikan :
Cara Membuat Blog Affiliate Marketing untuk Pemula

Apa itu affiliate marketing dalam dunia internet? Mungkin ini pertanyaan bagi kamu yang masih baru belajar memahami cara menjadi affiliate program. Sebenarnya ini adalah salah satu jalan pintas bagi kamu yang ingin belajar menghasilkan uang dari internet tanpa harus di dukung oleh Advertisement / iklan namun kamu masih tetap menjalankan nya dengan cara memasarkan suatu produk yang sudah di tetapkan dalam program affiliate tersebut.

Apa kelebihan yang menjadi daya tarik untuk Anda yang ingin melakukan affiliate marketing ini? Jawabanya adalah selain gratis dan juga lebih mudah di kerjakan dari pada jenis marketing lain. Untuk lebih dalam mengenal cara kerja affiliate program ini, ada baiknya kita bahas dulu dari bagian cara kerjanya dan juga cara menjalankannya.

Pertama yang perlu Anda ketahui adalah memahami dasar fungsi pengertian affiliate marketing.

Pengertian Affilate Program


Affiliate program atau juga bisa di sebut dengan bahasa kerennya Affiliate Markting ini adalah dimana pengertiannya memasarkan, menjual, mempromosikan suatu barang produk online yang orang lain jual tetapi dengan lewat perantara diri Anda sendiri.

Saya beri contoh agar lebih mudah Anda pahami, Saya memiliki barang yang saya jual di internet dengan harga $100 namun saya tidak ingin cape-cape untuk mempromosikan barang saya sendiri. Lalu saya membuka lowongan untuk orang lain yang bersedia memasarkan produk dagang milik saya tersebut dengan cara bagi hasil 60% / 40%, seandainya barang yang saya jual laku terjual lewat orang lain maka saya akan dapat keuntungan dari hasil jualan barang tersebut.

Tetapi hasil barang yang sudah terjual tadi datangnya lewat perantara orang lain maka saya bagi hasil kepada orang tersebut yang sudah berhasil mempromosikan barang saya sesuai dengan perjanjian sebelumnya.

Nah orang yang sudah berhasil memasarkan barang saya dan di beli orang lain itu, disebut sebagai Affiliate Program kalau dalam dunia internet tapi kalau dalam dunia nyata disebut sebagai markelar barang.

Cara Mengerjakan Affiliate Program Lewat Blog


Sudah paham dengan pengertian dasar affiliate marketing, selanjutnya adalah cara menjalankan program affiliate ini dengan ilmu dasar. Kenapa saya bilang ilmu dasar? Disini saya hanya membagikan cara membuat blog yang kusus dijadikan affiliate Marketing, dimana dalam pembahasan ini kusus untuk yang baru belajar dan bukan trik pembahasan strategi agar bisa sukses di affiliate marketing.

Ada banyak jalan untuk kamu yang ingin memulai affiliate program, Anda bisa menggunakan platrom sosial media seperti instagram, facebook, WhatsApp, LINE dan banyak lagi.

Tapi disini saya lebih menekan kebagian blog, jadi bagi Anda yang belum paham tentang dunia blog ada baiknya pelajari dasar membuat blog dulu, baru ditingkatkan kebagian strategi pemasaran produk.


Dalam blog rianseo ini, saya lebih suka membahas trik internet yang berbau gratis, jadi langkah yang akan saya bagikan ini akan memberi arahan kepada Anda yang ingin belajar membuat penghasilan dengan cara gratis.

Memilih Program Penyedia Layanan Affiliate Marketing


Ada banyak program yang membuka fiktur affiliate ini, kasusnya sering kali bisa kita temukan di tempat jualan online. Contohnya seperti Lazada, Amazon, eBay, Tokopedia, Bukalapak dan masih banyak lagi toko online yang menyediakan program Affiliate ini secara gratis.


Disini saya menggunakan affiliate program dari Amazon dan Lazada, jika ada program affiliate yang lain kamu masih bisa ikuti cara saya membuat blog affiliate walau beda programnya.

Memilih Produk Affiliate


Jika program affiliate Anda jenisnya dari toko online, maka kebanyakan barang yang akan Anda pasarkan adalah baju, jam tangan, celana, sepatu dan masih banyak lagi barang pilihan yang bisa Anda pasarkan.

Silahkan Anda tentukan sendiri, barang apa yang akan di jadiakan bahan pemasaran kepada calon pembeli. Biasanya orang yang suka belanja ini dari kalangan wanita dan juga ibu hamil yang membutuhkan barang untuk kecantikan.

Cara Memasarkan Barang Affiliate Program


Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan barang orang lain agar terjadi penjualan, yang pertama dengan cara mereview atau menjelaskan spesifikasi barang lewat tulisan dalam blog / website milik Anda sendiri.

Dan cara kedua dengan menembarkan link promosi lewat sosial media, cara yang kedua ini saya rasa cukup simple, tetapi kurang efektif dan minat dari orang lain. Sebab kita hanya membagikan link jualan saja dan tidak menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurang barang yang akan kita tawarkan.

Membuat Blog Affiliate Program di Blogger


Kenapa harus membuat blog dari blogger? Jawabanya simple, karena gratis dah gitu aja.
Ada 2 jenis blog yang bisa kamu terapkan untuk berprestasi di affiliate program. Pertama blog yang isinya tulisan tentang produk barang yang akan di jual dan kedua blog yang berjenis toko online.

Disini saya menggunakan barang affiliate dengan cara membuat blog toko online, jadi pengertiannya Anda membuat toko online tapi Anda menjual barang orang lain tanpa harus pusing memikirkan jasa pengiriman dan semacamnya.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah bagaimana membuat barang yang Anda promosikan tersebut bisa terjual lewat link yang Anda bagikan lewat blog toko online Anda.

Memilih Template Blog Affiliate


Karena kita membangun blog yang jenisnya toko online, maka template toko online harus sudah kita miliki, tema toko online dan tema blog pribadi biasanya beda. Jadi saya harap Anda sudah mengerti apa yang saya jelaskan tadi.

Dalam langkah ini, saya menggunakan template blogger VioToko dari mas sugeng. Bagi kamu yang belum memiliki templatenya, kamu bisa unduh template VioToko secara gratis lewat link ini.

Selanjutnya adalah bagian pemasangan tema toko online ke blogger, jika belum paham bagaimana cara memasang template di blogger bisa kamu buka link ini.

Sudah siap blog toko online yang baru saja kamu buat, langkah berikutnya adalah kebagian isi konten. Pilih produk yang ingin kamu jual lewat program affiliate yang sudah kamu pilih tadi.

Cara Membuat Blog Affiliate Marketing untuk Pemula

Selanjutnya salin semua foto barang yang di jual di affiliate program, dan juga salin tulisan spesifikasi barang yang ada di halaman affiliate program untuk melengkapi isi konten blog affilate kamu.

Dan jangan lupa salin kode link affiliate kamu didalam post barang yang kamu salin tadi. Buat lagi konten lainnya yang berkaitan dengan barang yang akan kamu jual lewat blog toko online kamu.

Cara Membuat Blog Affiliate Marketing untuk Pemula

Jadi pengertiannya disini, kamu memiliki sebuah blog toko online, tapi barang yang kamu jual bukan barang kamu sendiri, alias barang orang lain yang akan kamu pasarkan dan apabila terjadi pembelian dari orang lain maka kamu akan mendapatkan keuntungan dari barang yang kamu jual lewat toko online tadi.

Cara Membuat Blog Affiliate Marketing untuk Pemula

Nah inilah yang disebut sebagai jualan tanpa harus pusing memikirkan produk apa yang akan kamu jual karena kamu hanya cukup membuat sebuah blog seolah-olah toko online apabila ada yang mengunjungi. Padahal barang yang kamu jual mengambil dari data toko online sebelah lewat program Affiliate Marketing.

Untuk contoh demo blog Affiliate, kamu bisa lihat punya saya dibawah ini. Dimana punya saya ini seolah-olah toko online yang menjual barang.


Penutup

Demikian beberapa ulasan singkat yang dapat saya sampaikan tentang Affiliate Marketing lewat blog, Apabila ada dalam penulisan dan penyampaian yang kurang kamu pahami. Silahkan berikan pertanyaan lewat kolom komentar blog ini.

Jangan lupa untuk Berlangganan update artikel terbaru via email:

Previous article
Next article

1 Response to "Cara Membuat Blog Affiliate Marketing untuk Pemula"

  1. Terimakasih, sangat mendetail, mudah dipahami.

    Lanjutkan

    ReplyDelete

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel