20 Cara Desain Blog Keren dan Menarik Untuk Pemula

20 Cara Desain Blog Keren dan Menarik Untuk Pemula
Bagikan :
20 Cara Desain Blog Keren dan Menarik Untuk Pemula

RIANSEO.COM - Cara mendesain blog itu adalah tantangan kedua bagi penggelola blog, terlebih lagi blog yang kita andalkan hanyalah blog gratisan blogspot. Maka untuk memaksimalkan tampilan desain blog, kita harus pintar dalam memilih bagian warna, ukuran dan jenis font.


Dalam halaman ini saya akan membagikan beberapa cara mendesain blog kusus bagian dasarnya saja, dimana artikel ini saya sajikan bagi kamu yang baru belajar membuat blog dan ingin membuat tampilan blog kamu terlihat keren tanpa harus menguasai coding bagian CSS, HTML dan jQuery.


20 Cara Desain Blog yang Bagus dan Keren


Untuk cara desain blog yang saya bagikan ini bisa kamu ikuti sesuai dengan jenis Website, dan trik ini bukan hanya saya fokoskan bagi pengguna blogger saja. Berikut 20 cara mendesain blog dasar yang bisa kamu ikuti.

1. Niche Blog


20 Cara Desain Blog Keren dan Menarik Untuk Pemula

Sebelum kamu memilih desain tema tampilan blog kamu, kamu harus memahami dulu arti nuansa blog yang ingin kamu desain. Jika blog kamu berjenis tentang Game maka desain warnanya lebih mencolok daripada blog yang versi blog pribadi.

Apabila nuansa blog kamu adalah jenis berita, maka desain blog kamu akan sedikit memakan banyak ruang karena di padati akan wigdet pendukung. Misalnya saja seperti wigdet Slider images yang lumayan berat jika kita pasang. 

Namun saran saya, jangan gunakan wigdet ini jika blog kamu jenisnya personal atau hanya berisi tentang panduan tutorial demi kecepatan tampilan blog kamu.

Apabila kamu sudah paham tentang isi nuansa blog kamu, maka selanjutnya adalah tahap pemilihan warna blog.

2. Memilih Desain Warna Blog


Jika kamu ingin membuat desain tampilan blog kamu enak di pandang maka saran saya jangan pernah menggunakan warna yang mencolok. Misalnya saya beri contoh warna yang mencolok itu seperti warna hijau tua, merah, kuning dan jingga.

Maka warna yang sarankan adalah warna biru, kenapa warna biru lebih saya sarankan dari pada warna lainnya? Kita kembali menyimak situs raksasa yang sudah lama berada di Internet! Contohnya Facebook, Twitter dan Google.

Dari semua perusahaan itu, semuanya nya menggunakan warna yang lebih fokos ke bagian warna biru untuk dari segi tampilan.

Tapi masih ada juga warna yang perlu kamu tambahkan untuk lebih mendominasi, 1 warna masih kurang maksimal untuk tampilan blog maka setidaknya 3 warna harus kamu tetapkan untuk tampilan tema blog kamu.

3. Memilih 3 Warna


Saat kamu sudah menentukan warna dasar tampilan blog kamu, maka selanjutnya adalah bagian perpanduannya. Gunakan warna putih #ffffff  untuk dibagian latar halaman, jadi untuk warna yang biru kamu bisa gunakan sebagai bagian wilyah area kepalanya saja.

Harap di ingat, Hindari menggunakan warna gelap untuk di bagian latar blog. Jangan sampai warna latar kamu menggunakan hitam! Sebab akan menyakitkan mata. Jangan juga menggunakan gambar untuk bagian warna latar, yang pastinya akan menambah waktu loading blog menjadi lebih berat.

Untuk warna di bagian tulisan blog, harus gunakan warna hitam #000000  agar lebih jelas saat dibaca jangan sampai warna tulisan (font) blog memakai warna merah dan kuning. Tirulah tampilan web perusahaan jangan meniru tampilan web abal-abalan.

4. Memilih Tata Letak Tampilan


20 Cara Desain Blog Keren dan Menarik Untuk Pemula
Images Google Answer

Warna dan nuansa sudah kita tetapkan, selanjutnya adalah dibagian tata letak tampilan blog. Jangan sampai kamu memilih tata letak yang amburadul, maksimal tata letak kepala blog di atas, tata letak halaman di tengah dan tata letak wigdet berada di kanan atau juga kiri.

Untuk penutup tampilan blog adalah dibagian bawah yaitu bagian kaki kerangka tema yaitu kode CSS Footer. Jangan sampai penutup bagian kaki tampilan blog berada di atas. Dan kebanyakan bagian kaki tema ini menggunakan warna hitam, jadi usahakan kamu jangan sok mengubah kaidah desain warna bagian footer menjadi hijau misalnya.

5. Memilih Warna Link


Warna link ini adalah warna tulisan link aktif yang ada di blog kamu, Jadi untuk memilih warna link kita harus mengikuti warna dasar yang awalnya kita pilih tadi misalnya biru maka usahakan warna link aktif juga biru jangan kamu ubah bagian warna link ini tidak sesuai dengan tampilan dasar tema blog kamu.

Emang kenapa mas kalau gak sama? Jawabanya adalah keracunan, paham dengan warna keracunan? Warna nya jadi campur aduk, makanya saya sarankan setiap desain tampilan blog usahakan menetapan 3 warna saja agar blog kamu terlihat bersih dan freesh.

6. Navigasi Menu yang Mudah dan Simple


Untuk dasar-dasar dari segi warna sudah kita tetapkan semua, selanjutnya adalah bagian desain dari kemudahan penggunjung blog. Desain bukan hanya terfokos ke bagian warna saja, namun juga kenyamanan yang dirasakan orang lain. Navigasi menu blog yang mudah adalah salah satu syarat juga yang harus kamu perhatikan.

Jangan sampai navigasi blog kamu menjadi alasan untuk para penggunjung merasa tak betah berada di dalam blog kamu karena akan masalah kesulitan mereka saat mencoba menelusuri website kamu. Untuk menu navigasi buat blog personal jangan menggunakan navigasi megamenu, karena akan membuat loading blog kamu jadi lambat dan berat.

Megamenu hanya cocok untuk website yang bernuansa berita dan juga wallpaper, makanya desain blog berita itu lebih berat loadingnya dari pada blog yang hanya fokos satu niche.

7. Memilih Jenis Font yang Simple


20 Cara Desain Blog Keren dan Menarik Untuk Pemula

Memilih jenis font yang tepat juga sebagai kunci kesuksesan tampilan blog kamu, jangan sampai kamu memilih jenis font yang salah apalagi jenis font yang kamu pakai tidak bisa dibaca, Contohnya kamu menggunakan font jenis seperti batu retak-retak. Jadi usahakan memilih jenis font yang versi standar saja dan paling banyak digunakan orang lain misalnya seperti Arial, Roboto, Open Sans dan Verdana.

Semua jenis font itu banyak digunakan disitus-situs raksasa, karena tampilan jenis font yang saya sebutkan diatas tadi untuk masalah tampilan simple dan enak dilihat tanpa bikin Pusing. Kamu juga bisa memilih jenis font dalam tampilan blog maksimal 3 jenis saja jangan lebih dari 3.

8. Menggunakan Subheading


Apa itu subheading? Tampilan subheading ini bisa kamu lihat contohnya seperti tulisan dibawah ini.

Heading 1

Heading 2

Heading 3

Heading 4

Heading 5
Heading 6

Setiap tema website memiliki tampilan heading ini, fungsiny adalah sebagai kepentingan tampilan konten blog kamu, Tampilan subheading ini berperan penting untuk jenis kata yang kamu buat sebagai bahan pemabahasan konten.

Misalnya seperti contoh dibawah ini.

Siapa itu Rian SEO?


Rian SEO adalah admin dari blog rianseo.com yang berasal dari kota binuang kalimantan selatan.

Sudah paham dengan maksud tampilan subheading dalam tampilan konten. Fungsinya adalah memperbesar dan juga memperkecil tulisan.

9. Gambar Artikel yang Bagus


20 Cara Desain Blog Keren dan Menarik Untuk Pemula
Images Twitter

Saya lihat untuk para blogger yang baru belajar blog dia tidak terlalu memperhatikan peran gambar dalam artikel mereka, inilah yang membuat tampilan blog kita itu terasa kusam dan kurang sehat karena tidak memiliki ciri khas gambar yang bagus.

Padahal untuk segi gambar artikel kita tidak perlu menguasai ilmu editor foto atau juga fotograper, Banyak situs penyedia foto gratis yang bisa kita ambil gambarnya tanpa kena hak cipta. Bagi kamu yang belum mengetahui daftar situs foto gratis, kamu bisa baca ulasan saya tentang 38 situs penyedia gambar HD Gratis.

10. Menggunakan Desain Website Mobile Frendly


Ini adalah point penting buat tampilan desain blog kamu, Saat ini Google sudah memberikan saran untuk semua blog / website harus memiliki tampilan yang mobile frendly alias responsive untuk semua jenis ukuran layar.

20 Cara Desain Blog Keren dan Menarik Untuk Pemula
Images Google Web Design

Saat kamu menentukan tema blog, jangan terfokos hanya dibagian tampilan desktop yang keren, tapi untuk tampilan via handphone harus kamu perhatikan juga. Saya sebelum memilih template blog, saya lihat bagian tampilan versi desktop seperti apa dan bagian tampilan versi handphone apakah bagus juga atau malah jelek tidak sama seperti tampilan dekstop.

Banyak tema yang terlihat keren kalau lewat tampilan versi desktop tapi saat tampilannya di buka via handphone malah jelek dan tidak bagus. Bagi kamu yang ingin melihat tampilan blog kamu di semua layar, kamu bisa gunakan Responsinator untuk menceknya.

11. Menggunakan Icon Logo Favicon Blog


Kamu tahu dengan favicon blog? Rata-rata website ternama memiliki icon favicon masing-masing. Jika kamu belum mengerti seperti apa itu Favicon kamu bisa cek icon kecil yang berada dibagian awal address Google, untuk lebih jelasnya lihat contoh gambar dibawah ini.

20 Cara Desain Blog Keren dan Menarik Untuk Pemula

Lalu bagaimana cara kita membuat logo favicon sendiri? Kamu bisa cari beberapa icon logo yang disediakan secara gratis di internet dan sesuaikan dengan jenis kategori blog kamu, jika blog kamu membahas masalah teknologi kamu bisa gunakan icon logo Android misalnya.

Jika sudah memiliki icon logo favicon milik kamu sendiri, langkah berikutnya adalah membuat icon logo tadi agar bisa dipasang di blog kamu dengan cara mengubah format logo icon tadi menggunakan situs Generator Favicon.

12. Menggunakan Desain Logo untuk Nama Blog


20 Cara Desain Blog Keren dan Menarik Untuk Pemula

Nama blog kamu juga perlu di percantik jika ingin memiliki tampilan blog yang keren maksimal. Kamu bisa membuat logo sendiri dengan cara mencari insfirasi di berbagai macam situs yang sesuai dengan nice blog kamu. 

Lalu untuk membuat logo font nama kamu bisa cari jenis font yang simple dan keren lewat halaman penyedia font gratis yang bisa kamu dapatkan disini. Untuk langkah pembuatan desain font kamu bisa gunakan aplikasi pendukung misalnya seperti Photoshop dan PicArt.


Kalau kamu gak bisa membuat logo font, kamu masih bisa menggunakan situs bantuan yang mudah untuk membuat logo secara propersional & gratis menggunakan CANVA. Logo blog saya ini juga di desain menggunakan CANVA. Bagi kamu yang ingin membuat logo blog di Canva bisa buka halaman ini.

13. Menampilkan Profile Admin


Tampilkan foto terbaik kamu untuk profil blog, Kalau bisa foto yang jelas untuk bagian wajah jangan menggunakan foto aniame atau foto orang lain. Cara ini berguna bahwa kamu mengelola blog dengan keseriusan buat para penggunjung blog dan akan memberikan kemudahan bagi mereka agar bisa lebih dekat kenal dengan kamu.

14. Merapikan Tulisan Konten


Desain tampilan blog saja tidak cukup jika tampilan tulisan kamu tidak rapi. Rapi disini adalah bukan berarti gaya bahasa tulisan kamu di perbaiki, tapi rapi disini adalah susunan tulisan yang kamu sajikan di dalam artikel teratur.

Contohnya menggunakan 4 Paragraf setiap kamu menulis. Berikut contoh susunan tulisan nya.

Contoh tulisan satu ini mengambarkan bagaimana membuat susunan tulisan agar menjadi rapi dan tidak amburadul seperti paragraf kedua yang terlalu rapat isi tulisannya. Ini hanya tulisan contoh jadi harap jangan serius membaca.
Contoh tulisan kedua ini mengambarkan tulisan yang akan padat tampilannya dimana terlalu rapat untuk dipandang dimata dan bikin mata ngilu apalagi ukuran fontnya yang sangat kecil bikin mata teler ke angkasa dan terbang tidak karuan. Orang kaya kalau makan buah anggur kalau orang susah tiap hari makan buah jambu mentah sampai 1 minggu gak buang air besar karena makan jambu mentah tiap hari dan untuk timbangan badan 40 Kilo Gram yang di angkat 7 TON.

15. Deskripsi Blog yang Jelas dan Singkat


Biasanya posisi deskripsi ini beperan penting untuk pengertian orang lain akan tentang blog kamu, Misalnya seperti tulisan yang tampil dihalaman beranda Google, untuk lebih jelasnya saya berikan contoh gambar dibawah ini.

20 Cara Desain Blog Keren dan Menarik Untuk Pemula

Usahakan dalam membuat kata-kata deskripsi blog jangan terlalu kepanjangan dan juga jangan terlalu pendek. Setidaknya cukup simple dan juga mudah di mengerti saja agar nanti saat tampil di Google tidak berantakan.

16. Tampilan Halaman Post 5 Jumlah


Untuk blog kamu yang tipe nya personal bukan blog berita, maka saran dari saya gunakan 5 post atau 8 post saja saat tampil di halaman awal blog kamu, Jangan sampai kamu menampilan lebih dari 8 post karena akan menambah loading blog menjadi berat dan juga kurang terlihat propesional.

Untuk tipe jenis blog berita, Mungkin sudah di sediakan wigdet pendukung untuk tampilan awal nya dimana banyak menampilkan berbagai macam artikel, tapi jika untuk blog pribadi ada baiknya gunakan 5 post saja sudah cukup.

17. Hindari Memasang Wigdet yang Berlebihan


Kebanyakan blogger yang baru memulai dunia blogging, mereka sangat suka dengan nuansa alay yang bikin blog jadi berat seperti memasang wigdet kamera CCTV, wigdet musik, wigdet mouse menyala dan masih banyak lagi wigdet yang saya rasa tidak penting untuk di pasang di blog.

Dulu saya awal membangun blog juga suka menghias isi halaman blog saya kaya pasar ramayana yang banyak wigdet blog yang tidak bermanfaat tapi saya sadar jika hal seperti itu tidak penting untuk penggunjung blog kita.

Maka wigdet yang perlu kamu pasang hanya ada 3 dan 4 tidak lebih, Wigdet Populart Post, Wigdet Kategori, Wigdet Artikel Terbaru dan Wigdet Email Berlangganan. Semua wigdet itu sudah cukup membuat blog kamu menjadi terlihat keren dan pastinya rapi dan bersih tidak berserakan.

18. Hindari Memasang Iklan Berlebih


Blog memang membutuhkan dana pemasukan tidak lebih halnya pemasukan blog adalah dari iklan, Tapi perlu kamu ketahui blog yang menampilkan iklan berlebihan itu adalah desain blog yang kurang propesional.

Usahakan susunan dan tata letak iklan yang kamu gunakan tersusun rapi tanpa harus menganggu tampilan halaman konten artikel. Maksimal iklan yang tayang dalam 1 halaman artikel 3 jumlah saja, jadi jangan memasang iklan yang berlebihan karena itu akan mengurangi kecepatan blog.

19. Jangan Memasang Wigdet Komentar Blog Berlebihan


Komentar blog memang berguna buat pengunjung blog yang ingin menanyakan sesuatu kepada kamu, Tapi jangan sampai menggunakan wigdet komentar blog lebih dari 2, karena akan mengurangi kecepatan loading blog kamu.

Gunakan komentar disqus yang saat ini banyak sudah menggunakan nya, Contohnya saja website perusahaan rata-rata memasang komentar disqus di website mereka. Tapi ada kekurangan nya dari kita yang memasang komentar disqus ini pada blog, adanya iklan yang akan tampil di blog kita dan kita bisa menghapus iklan itu dengan cara membayar komentar disqus yang versi pro.

20. Menggunakan Template VioMagz kusus Blogspot


Kamu mau memiliki desain blog yang ada 19 point yang sebutkan diatas? Jawabanya adalah template VioMagz yang paling pas buat kamu blogger yang masih awam masalah dunia desain, Template VioMagz ini sudah di rancang oleh ahlinya yaitu mas sugeng.

Template VioMagz ini menajawab dari semua pertanyaan kamu bagaimana cara mendesain blog untuk pemula, maka dengan cara kamu membeli dan menggunakan template VioMagz di blog maka kamu tidak akan kebigungan untuk masalah desain karena saya sendiri sudah membeli template ini sebab untuk pertanyaan saya sebelumnya membuat blog terlihat keren tapi simple sudah di jawab template VioMagz.

Penutup


Untuk kamu yang masih belum memiliki dana untuk membeli template VioMagz kepada mas sugeng, disini saya juga menyediakan template VioMagz versi gratisan yang saya dapatkan di Google. Kekuranganya kamu menggunakan template versi bajakan adalah tidak akan dapat versi update jika template mengalami eror.

Bagi yang tertarik ingin mendownload template VioMagz versi gratis silahkan kamu buka link ini. dan akhir kata saya ucapkan terima kasih bagi kamu yang sudi membaca tulisan saya yang panjang ini.

Jangan lupa untuk Berlangganan update artikel terbaru via email:

Previous article
Next article

0 Disqusi to "20 Cara Desain Blog Keren dan Menarik Untuk Pemula"

Post a Comment

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi
- Jangan harap komentar yang berisi link aktif akan disetujui

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel