Cara Unik Untuk Mencegah Ngantok Saat Mengemudi Perjalanan Jauh

Cara Unik Untuk Mencegah Ngantok Saat Mengemudi Perjalanan Jauh

Berkendara menggunakan motor atau mobil tentu sangat menyenangkan, ditambah dalam nuansa perjalanan melalui berbagai macam pemandangan yang indah bikin kita semakin asik dalam mengemudi diperjalanan.

Namun tahukah Anda, Jika rasa ngantuk adalah musuh besar bagi semua pengendara motor dan juga mobil, Ditambah perjalanan padat dan macet semakin membuat mata menjadi-jadi ingin ditidurkan. Sudah kita ketahui jika kecelakan berkendara kebanyakan akibat rasa mengantuk yang tak tertahan, dan akhirnya menghilangkan rasa konsentrasi dalam mengemudi.

Berikut ada beberapa tips unik untuk mencegah kantok disaat Anda melakukan kemudi mobil dan motor dalam perjalanan jauh. Ada 6 tips buat Anda yang bepergian jauh dan menghindari rasa kantok dalam perjalanan.

1.Minum Kopi + Obat bodrex

Apabila mata dan tubuh sudah benar-benar lelah, ada baiknya segera mengkonsumsi kafein untuk membantu menjaga kesadaran. Salah satu sumber kafein terbesar adalah kopi.

Namun, kopi juga diperlukan waktu kira-kira setengah jam sebelum efeknya terasa. Perlu di catat, secangkir kopi saja mungkin tidak cukup bagi yang sehari-harinya sudah sering mengonsumsi kopi.

Minum kopi ditambah obat bodrex juga bisa dibilang ampuh untuk mencegah rasa ngantuk. Namun usahakan jangan minum kopi dan obat bodrex berlebih jika tidak ada keperluan.

2. Menepi ke mesjid dan tidur sejenak (pengemudi mobil)

Cara yang paling baik adalah tidur sejenak. Menepi dan tidurlah selama kira-kira 15 menit. Ini cukup penting, lebih baik menghabiskan waktu 15-20 menit untuk tidur sejenak ketimbang memaksakan diri untuk tetap menyetir.

Anda bisa menepi di mesjid dan melakukan istirahat sejenak, Biasanya mesjid juga menyediakan kamar mandi untuk Anda yang ingin mandi disaat istarahat dimesjid.

3. Menepi dan melakukan pergerakan senam (pengendara motor)

Rasa ngantuk tak tertahankan kerap kali muncul saat mengendarai motor di jalanan yang cukup lengang dalam cuaca yang bersahabat. Sebaiknya, segera menepi sesaat dan turunlah dari motor untuk melakukan peregangan otot dan berjalan-jalanlah kira-kira selama 10 menit.

Anda juga bisa cari warung kopi atau warung jablay untuk meminum kopi sejenak dan berbincang-bincang dengan seseorang untuk mengatasi rasa ngantok. Untuk warung jablay bisa Anda temuai dikawasan kalimantan selatan yang berada di pingir-pingir jalan malam hari.

4. Jangan minum obat dan alkohol sebelum atau saat berkendara

Hindari minum obat anti mabuk,obat zenit dan obat anti masuk angin, atau obat lain yang punya efek samping bikin ngantuk sebelum atau saat berkendara. Karena nantinya, akan merasa sangat ngantuk.

Jangan minum minuman yang beralkohol, karena bikin Anda mabuk dan menghilangkan konsentrasi dalam mengemudi motor dan juga mobil. Usahakan untuk minum kopi dan air putih saja jika Anda memang ingin minum.

5. Beristirahat setiap 2 jam

Kalau dipaksa menyetir terus tanpa ada istirahat, tentunya tubuh dan mata akan terasa jadi cepat lelah dan terasa berat. Sebaiknya walaupun tidak sedang ngantuk atau letih, selalu usahakan untuk tetap beristirahat setiap beberapa jam sekali.

Usahakan jika Anda sudah masuk dalam waktu 2 jam diperjalanan untuk beristirahat dulu demi membuat tubuh Anda menjadi bugar kembali dan tidak terasa kaku.

6. Minta ditemani saat mengemudi

Ajaklah seorang teman atau anggota keluarga yang bisa menemani saat berkendara selama perjalanan berlangsung. Dengan cara ini, tentunya akan ada teman untuk ngobrol dan bisa mengatasi rasa ngantuk.

Ajaklah teman Anda yang suka bicara, jangan mengajak teman Anda yang pendiam dan tidak bisa berbicara, contohnya bisu. Teman yang asik diajak ngobrol tentu akan memberikan suasana dalam menyetir jadi terasa asik dan tidak sepi.

Semoga tips diatas dapat membantu selama perjalanan mudik atau saat berkendara, tetap waspada dan selalu patuhi peraturan lalu lintas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Unik Untuk Mencegah Ngantok Saat Mengemudi Perjalanan Jauh"

Catat Ulasan

Note :
- Di larang pasang link aktif di kolom komentar
- Komentar akan disetujui jika tidak mengandung promosi
- Komentar boleh menggunakan bahasa banjarmasin
- Dilarang komentar yang berisi pornografi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel