2016/11/20

Cara membuat surat lamaran kerja alfamart 2016 dan syarat perlengkapan nya

Alfamart - adalah salah satu usaha sebuah toko mini market yang banyak dan bisa kita temui untuk wilayah indonesia di bagian daerah nya masing-masing.


Memang Alfamart adalah sebuah prospek yang cukup bagus. Maka tak heran jika banyak orang yang bermimpi bisa bekerja di alfamart, mengingat perusahaan tersebut memiliki jaringan yang sangat luas tidak sedikit untuk di daerah kita masing-masing. Bahkan untuk di sebuah kecamatan saja ada beberapa toko alfamart yang sudah dikelola dengan sangat rapi dan teratur. 
Persebarannya pun tidak sedikit untuk mencakup ke seluruh Indonesia ini, dan sampai saat ini juga masih selalu bertambah untuk melakukan perluasan.

Sebelum kita membahas cara membuat surat lamaran kerja untuk alfamart maka adakalanya kita mengetahui sejarah awal didirikannya alfamart.

Sejarah alfamart dan awal didirikan

Didirikan pada tahun 1989 oleh Djoko Susanto dan keluarga PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart/ Perseroan), mengawali usahanya di bidang perdagangan dan distribusi, kemudian pada 1999 mulai memasuki sektor minimarket. 
Ekspansi secara ekponensial dimulai Perseroan pada tahun 2002 dengan mengakusisi 141 gerai Alfaminimart dan membawa nama baru Alfamart. 

Saat ini Alfamart merupakan salah satu yang terdepan dalam usaha ritel, dengan melayani lebih dari 2,1 juta pelanggan setiap harinya di hampir 6.000 gerai yang tersebar di Indonesia.
Alfamart menyediakan barang-barang kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau, tempat belanja yang nyaman, serta lokasi yang mudah dijangkau. Didukung lebih dari 60.000 karyawan menjadikan Alfamart sebagai salah satu pembuka lapangan kerja terbesar di Indonesia.

Alfamart adalah jaringan toko swalayan yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Gerai ini umumnya menjual berbagai produk makanan,minuman dan barang kebutuhan hidup lainnya.
Lebih dari 200 produk makanan dan barang kebutuhan hidup lainnya tersedia dengan harga bersaing, memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari.

Nah jika kita sudah membaca sejarah awalnya didirikan alfamart diatas. maka akan kita lanjutkan tentang bagaimana cara kerjanya alfamart untuk menjadi bagian karyawan.
Hal yang perlu sobat ketahui adalah posisi dan pangkat apa saja yang ada di alfamart?
Jaringan minimarket Alfamart dibawah pengelolaan dari PT. Alfaria Trijaya membuka peluang kerja bagi kaum muda mulai dari lulusan SMA. Banyak posisi yang bisa kita lamar untuk kerja di Alfamart.

Mulai dari pegawai toko, kasir, asisten kepala toko, kepala toko, bagian gudang hingga manajer untuk mengurusi sekitar 9 ribu gerai yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.
Kita bisa mengecek lowongan pekerjaan terkini di Alfamart dengan mengakses ke


Atau bisa langsung mengirimkan resume data diri kita ke sana sehingga saat tersedia lowongan yang sesuai, kita akan dipanggil.

Itu adalah ringkasan yang dapat kita baca dulu untuk posisinya dan bagaimana cara melamarnya tapi untuk postingan saya ini adalah untuk para pelamar kerja untuk di bagian daerah kalimantan selatan yaitu daerah tempat tinggal saya sendiri.
Mungkin untuk setiap provinsi dan daerah nya masing-masing agak berbeda ataupun bisa juga memiliki kesamaan!
Untuk teman-teman yang ingin melamar kerja di alfamart bagian banjarmasin tidak usah menunggu kena panggilan ataupun mengirim surat lamaran kerja nya dulu baru kena panggil.

Daerah kalimantan selatan atau bisa di sebut banjarmasin, alfamart yang ada di provinsi ibu kota kita ini menggunakan sistem " langsung tes " alias tanpa harus menunggu panggilan dari pada pihak HRD alfamart nya, jadi bagi teman-teman yang mau melamar maka langsung saja untuk menuju tempat penerimaan karyawan alfamart di (ALFAMART OFFICE) jalan raya nusa indah kecamatan bati-bati RT 05 RW 02 .


Dan untuk masalah biaya dalam hal melamar alfamart ini tidak ada kena punggut biaya sedikit pun, ingat jangan mudah percaya sama orang lain karena pihak alfamart tidak pernah meminta biaya dalam hal melamar kerja, perlu di ingat ya sobat semua! Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

Adapun dalam ketentuan alfamart adalah masuk dan hari tes nya yang mana dari hari selasa dan kamis saja, jadi untuk sobat semua adakala nya harus mengetahui hari tes seleksi nya dan jangan lupa membawa peralatan alat tulis seperti pulpin dan juga surat lamaran kerja serta perlengkapan lain nya.

Untuk jam masuk nya adalah sebagaimana seperti yang sudah saya baca di fans fage facebook alfamart adalah sebagai berikut di harapkan untuk datang pada jam sebelum jam 08.00. Bagi yang wilayahnya jauh saya sarankan untuk datang lebih awal karena ketersediaan pelamar hanya untuk 100 orang dalam hari selasa dan hari kamis tersebut, jika sobat terlambat maka agan harus menunggu hari berikut nya, misalnya kalian datang hari selasa dan terlambat maka kalian bisa lagi untuk kembali pada hari kamis. Jadi usahakan untuk tidak terlambat.


Dan yang perlu sobat ingat adalah pakaian yang mana sudah di tetapkan bagian dari alfamart yaitu harus menggunakan baju putih dan celana warna hitam dan menggunakan sepatu! Ingat jangan sampai tidak pakai baju putih dan celana hitam karena usaha kalian akan sia-sia yaitu di suruh untuk kembali pulang, jadi jangan pernah meremehkan soal pakaian ya sobat!

Lalu yang terakhir adalah bagian isi surat lamaran kerja nya, surat lamaran kerja alfamart ini sudah banyak bertebaran di mbah google tapi yang jadi tanda tanya nya adalah PT apa dan untuk PT di bagian daerah masing-masing mungkin agak berbeda! Kan untuk perusaahaan alfamart ini tidak hanya 1 cabang nya untuk seluruh indonesia ini.

Disini sudah saya berikan contoh surat lamaran kerja nya yang sesuai dengan PT alfamart untuk bagian provinsi kalimantan selatan saja.

Isi surat lamaran

Binuang, 15 Fabruari 2016

Kepada
Yth Kepala Bagian Personalia PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk
Jln.nusa indah kecamatan bati-bati RT 05 RW 02 banjarmasin

Dengan hormat,
Bersama dengan ini saya ingin mengajukan permohonan agar dapat bergabung dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini. Maka dari itu saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Muhammad Rahmat Maulana
Tempat, tanggal lahir  : Kandangan, 24 Mei 1993
Alamat                         : Jln. Lokpaikat 14 RT 002/RW 003 Kandangan - Kalimatan selatan
Pendidikan Terakhir    : SMA
No. Tlp                        : 085723714685

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa persyaratan berikut:
  • Foto copy Ijazah
  • Foto copy SKHUN
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto copy SKCK
  • Foto copy Kartu Kuning
  • Foto copy KTP
  • Pas Foto 3 x 4 dua lembar
  • Surat Keterangan Sehat 

Demikian surat lamaran ini, sangat besar harapan saya untuk dapat diteruma di perusahaan Bapak/Ibu. Atas waktu dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

                                                                               Hormat saya,



                                                                           Muhammad Rahmat Maulana


Daftar Gaji karyawan Alfamart selengkapnya adalah sebagai berikut :

 Accounting Staff = Rp 1,5 juta/bulan
 Administrasi Kasir = Rp 2,5 juta/bulan
 Area Coordinator = Rp 3,8 juta/bulan
 Art and Creative Staff = Rp 4,0 juta/bulan
 Asisten Kepala Toko = Rp 2,1 juta/bulan
 Branch Coordinator = Rp 4,0 juta/bulan
 Buyer = Rp 3,2 juta/bulan
 Check Clearing Staff = Rp 2,5 juta/bulan
 Coordinator = Rp 4,1 juta/bulan
Crew = 2.1 juta/bulan
 Distribution Manager = Rp 6,0 juta/bulan
 Finance Accounting = Rp 1,5 juta/bulan
 Head = Rp 3,2 juta/bulan
 Helper = Rp 1,9 juta/bulan
 Information Technology = Rp 3,2 juta/bulan
 Inventory Control = Rp 2,5 juta/bulan
 IT Programmer and Analyst = Rp 4,0 juta/bulan
 IT Risk and Assurance Staff = Rp 4,0 juta/bulan
 IT Senior = Rp 4,0 juta/bulan
 IT Support = Rp 2,4 juta/bulan
 Junior Programmer = Rp 2,5 juta/bulan
 Kepala Toko = Rp 2,1 juta/bulan
 Koperasi Karyawan = Rp 0,8 juta/bulan
 Logistic Junior Manager = Rp 6,0 juta/bulan
 Maintenance Staff = Rp 1,5 juta/bulan
 Maintenance = Rp 1,5 juta/bulan
 Management Trainee = Rp 4,2 juta/bulan
 Manager = Rp 9,2 juta/bulan
 Merchandiser = Rp 1,5 juta/bulan
 Office Boy = Rp 1,3 juta/bulan
 Operational Staff = Rp 2,5 juta/bulan
 Payroll Admin = Rp 2,5 juta/bulan
 Picker = Rp 1,8 juta/bulan
 Planning and Development = Rp 4,0 juta/bulan
 Purchasing Staff = Rp 1,5 juta/bulan
 Recruitment and Selection Officer = Rp 2,5 juta/bulan
 Recruitment Coordinator = Rp 4,0 juta/bulan
 Recruitment Staff = Rp 2,5 juta/bulan
Safety Staff = Rp 1,5 juta/bulan
 Sales = Rp 1,6 juta/bulan
 Security = Rp 1,5 juta/bulan
 Staff Accounting = Rp 1,5 juta/bulan
 Staff Finance = Rp 1,4 juta/bulan
 Store Assistant = Rp 2,0 juta/bulan
 Store Head Assistant = Rp 1,5 juta/bulan
 Supply Chain Staffs = Rp 2,5 juta/bulan
 Teacher Trainer = Rp 4,0 juta/bulan
 Training Manager = Rp 6,0 juta/bulan
 Warehouse Coordinator = Rp 4,0 juta/bulan
 Warehouse Staff = Rp 1,5 juta/bulan
 Kasir = Rp 1,9 juta/bulan

Sebelum saya tutup isi artikel postingan ini saya ingin berbagi cerita dan pengalaman saya saat melamar kerja di bagian alfamart bati-bati.
Saya bukanlah pegawai alfamart dan juga termasuk salah satu jenis manusia yang tak lulus saat melamar kerja di bagian alfamart! Lah kok bisa tidak lulus sih?
Alfamart adalah salah satu perusahaan yang besar dan termasuk mempunyai pegawai yang berkualitas dan bagus!
Jadi kita harus jadi orang pintar dan memiliki bakat yang banyak? Agar bisa di terima di bagian alfamart?
Untuk menjawab pertanyaan di atas saya akan jelaskan sedikit pengertian dan pemahaman nya agar bagi kita yang pelamar kerja tidak patah semangat!

Alfamart tidak pernah mencari karyawan nya yang memiliki otak pintar! Yups itu adalah salah satu pengakuan dari kepala HRD alfamart sendiri yang mengungkapkan pada saat saya tes! Tapi bukan berarti kita yang tidak pintar bisa selalu masuk di bagian alfamart, contohnya banyak saja karyawan yang ada di toko alfmart itu ada yang kurang pintar dan pintar.

Apakah alfamart melihat sesi tampilan diri kita?

Tidak juga, bukan harus kita memiliki rupa ganteng ataupun cantik baru di terima di alfmart itu! Kemarin saat saya tes ada cewe cantik super, nyata nya dia tidak lulus? Dan ada juga laki-laki yang kulit hitam kaya arang dapur malah lulus! Jawabnya adalah alfamart tidak mencari pegawai dari segi tampilan.

Bagaimana sih pengertian orang yang berkualitas dan tidak berkualitas?

Jawaban nya adalah dari kepala alfamart sendiri yaitu memiliki sifat kejujuran dan juga kerajinan, bukan berarti pintar dalam menghitung mempunyai peluang besar untuk bisa masuk, jadi alfamart tidak mencari orang pintar, yang pintar banyak tapi yang mempunyai kepribadian yang baik dan ahlaq yang sopan sedikit!

Pernahkah sobat membeli barang di toko alfamart terdekat sobat? Bagaimana mereka menyambut kalian saat masuk ke toko untuk berbelanja? Mereka menggunakan bahasa tutur yang lemah lembut dan sifat santun yang bagus!



Bayangkan kalau kalian pintar tapi perilaku kalian kaya binatang? Yang ada toko habis kena jual dan pelanggan para kaburan melihat pegawai alfamart kaya preman, nah disini kita lihat dulu seperti apa pegawai alfamart itu.

Yang terakhir adalah pakaian mereka saat ada di toko! Bayangkan kalau agan jadi pegawai alfamart tapi berpakaian kaya org gila? Celana gaya sobek? Sepatu kotor? Apakah kalian pernah lihat seperti itu pegawai alfamart? Tidak pernah bukan? Mereka menggunakan pakaian yang sudah di tetapkan dan rapi.

Jadi kesimpulan nya adalah menggunakan ahlaq dan perilaku yang baik dan sopan santun yang tinggi, ingat adab lebih tinggi pangkat nya dari pada ilmu.

Saya rasa penjelasan saya di atas sudah cukup lengkap dan bisa di pahami bagi kalian yang ingin melamar kerja di alfamart kususnya daerah bagian provinsi kalimantan selatan.
Advertisement
 
Advertisement
 

Note :
-Di larang pasang link aktif di kolom komentar
-Komentar akan disetujui jika sesuai dengan topik kontent
EmoticonEmoticon